Jan 31, 2018

DIY PVC Washi Sample Holder

Siapa disini yang suka pakai washi tape di planner atau journalnya? Suka swap washi sample? Atau beli washi sample meteran? (Admin sendiri angkat tangan)

Buat kalian yang biasa pakai washi sample atau memindahkan washi tape ke holder (bukan di rollnya lagi), pasti familiar dengan yang namanya washi sample holder. Bahan yang digunakan biasanya adalah PVC, atau bisa juga diakali dengan menggunakan stik es krim. Tapi sayangnya, PVC washi sample holder yang biasa dijual di pasaran harganya relatif mahal, dan kalau kita menggunakan stik es krim, di bagian ujung akhir washi tape kita biasanya banyak serat kayu yang menempel. Hal inilah yang dirasakan oleh Silvia @silviahartonosuyaun, sehingga akhirnya ia berkreasi untuk membuat PVC washi sample holdernya sendiri.

Alat dan bahan:
  • Kertas/Karton Buffalo lembaran (warna sesuai selera)
  • Penggaris
  • Cutter + cutting mat atau gunting


Cara membuat:
  1. Potong kertas Buffalo dengan lebar 4 cm dan panjang sesuai selera. Silvia sendiri menggunakan bagian lebar kertas sebagai panjangnya.
  2. Susun potongan kertas Buffalo di plastik laminating dengan jarak sekitar 1 cm di setiap sisi panjangnya.
  3. Laminating kertas Buffalo
  4. Potong jarak antar kertas Buffalo yang tadi sudah diberi jarak 1 cm.
Tadaa.. tempat washi sample kamu sudah siap digunakan. Sangat mudah, praktis, dan murah tentunya!

F.A.Q.
Q : Kenapa tidak dilaminating dulu baru dipotong?
A : Karena dengan melaminating potongan kertas, ketahanan pada tiap sisinya jadi lebih kuat. Kalau langsung dilaminating baru dipotong-potong, resiko plastik laminating lepas di bagian tengahnya sangat tinggi, apalagi jika penggunaan pemanas laminating kurang bagus.

Kalau kalian sudah membuat DIY PVC washi sample holder ini, yuk share dengan kami di Instagram @planneraddictindonesia dan @silviahartonosuyaun!

No comments:

Post a Comment