Dec 28, 2016

DIY Vision Board

Tidak terasa kita sudah ada di penghujung tahun dan sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2017. Nah, apakah kalian sudah membuat resolusi atau goals untuk tahun depan? Tahukah kalian bahwa memvisualisasikan goals dapat membantu kita untuk tetap termotivasi untuk mencapai goals tersebut? Karenanya, kali ini PAI akan membagikan cara untuk membuat vision board di planner kalian, supaya planner kita tidak hanya berfungsi untuk mengorganisir hidup kita sehari-hari, tapi juga membantu kita untuk mencapai target-target kita.

Untuk sharing kali ini, PAI bekerjasama dengan Rara @raragocrafty. Yuk langsung saja kita masuk ke bagian intinya!

Apa sih vision board itu?
Menurut Rara, mimpi dan cita-cita perlu dipelihara dan dipupuk agar terus hidup dalam pikiran kita. Karenanya, kita perlu menciptakan berbagai motivasi. Salah satunya dengan membuat vision board. Vision board adalah satu board yang kita tempel berbagai gambar. Board ini bisa membantu memberikan gambaran akan cita-cita, impian, atau hal-hal ideal yang kelak kita harapkan terjadi pada diri kita. Vision board biasanya diletakkan di tempat-tempat yang mudah dan sering kita lihat, misalnya di meja kerja atau di dinding kamar. Rara sendiri memilih untuk membuat vision board di dalam plannernya karena planner tersebut selalu dia bawa kemana-mana dan merupakan benda yang hampir setiap hari ia buka, baca, atau tulis. Jadi, harapannya adalah supaya ia bisa selalu diingatkan akan goals yang telah ia buat supaya tetap fokus dan termotivasi untuk mencapai goals tersebut.

Bagaimana cara membuat vision board?

  1. Yang pertama dan terpenting dalam membuat vision board adalah menentukan visi, goals, atau mimpi yang ingin kita capai. Luangkan waktu untuk memikirkan hal apa saja yang sebenarnya menjadi goals dalam hidup kita, hal apa yang membuat kita lebih bahagia dan menjadikan hidup kita lebih berharga. Goals ini sendiri bisa dalam berbagai aspek, misalnya religi, pendidikan, karir, pengembangan diri, material, dan hubungan (relationship).
  2. Setelah list goals kita sudah terkumpul, tentukan model vision board yang ingin kita buat. Apakah kita membuat vision board untuk satu goal spesifik saja (misal: travelling to Japan, jadi vision board yang kita buat isinya tentang Jepang) atau satu vision board yang berisi gabungan dari goals kita (misal: 2017 vision board).
  3. Kumpulkan gambar-gambar yang bisa menggambarkan atau menjadi simbol dari goals yang ingin kita capai, atau bisa juga gambar role model dan quotes yang memotivasi. Gambar-gambar ini bisa didapatkan dari majalah atau print gambar dari Google.
  4. Tempel gambar-gambar tersebut pada kertas tebal seukuran dashboard. Setelah selesai, vision board tersebut boleh dilaminating, kemudian disimpan di dalam planner kita.

Mudah bukan? Sebagai referensi, Rara telah membuat video tutorial untuk membuat vision board ini.


Berikut merupakan hasil jadi vision board Rara.
Credit: @raragocrafty

Tips dari Rara, ada baiknya kalau vision board ini diletakkan di bagian depan, supaya setiap membuka planner kita ingat dan termotivasi untuk mencapai goals kita.

Berikut merupakan beberapa vision board karya member PAI.
Credit:
Top (left-right): @22craftgires, @ceesjournal, @ibutomat, @minicraftbyts
Bottom (left-right): @opiplans, @plannerandcoffee_, @plannerandjournal, @silviahartonosuyaun

Nah, apabila kalian sudah membuat vision board ini, yuk share dengan kami di Instagram dengan menggunakan hashtag #visionboard_PAI, tag @raragocrafty dan @planneraddictindonesia karena ada 2 secret gift untuk 2 orang beruntung! Upload ditunggu sampai 10 Januari 2017 ;)

2 comments:

  1. Keren-keren semua ini vision boardnya..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ka evva.. kapan2 ka evva sharing yuk yuk ��

    ReplyDelete