Sep 27, 2016

DIY Art Foam Dori (Fauxdori) Tutorial


Halo semuanya! Kali ini, kami akan membagikan planner tutorial lainnya, yaitu cara membuat cover Travelers Notebook (fauxdori) kalian sendiri. Bagi kalian yang belum familiar dengan sistem ini, pada dasarnya ini adalah cover yang bisa "menyatukan" beberapa notebook menjadi satu. Kalian bisa lihat website resminya disini. Nah, untuk tutorial kali ini, Nana @PaperPenPlan bersedia untuk berbagi dengan kalian semua!

Alat dan bahan yang kalian butuhkan untuk project kali ini adalah sebagai berikut:

  • Art foam. Yang digunakan di tutorial ini adalah ketebalan 2 mm, ukuran 21x30cm, Kalian bisa pakai ukuran apa saja selama bisa menyesuaikan ukuran template. Art foam bisa dicari di toko buku.
  • Penggaris + alat tulis (Disarankan pensil karena bisa dihapus)
  • Gunting
  • Alat utk melubangi art foam. Kalian bisa pakai leather puncher yg biasa untuk melubangi sabuk, atau menggunakan paku, jarum, dsb. Untuk bahan art foam bisa juga pakai ujung pensil karena gampang dilubangi.
  • Tali elastis ukuran 2mm untuk closure. Untuk elastis bagian dalam bisa pakai yg 2mm atau 1mm.
Opsional:
  • Charm untuk dipasang di tali elastis
  • Corner rounder atau semacamnya. Bisa juga pakai stencil, tutup pen, tipe x, dll yg bentuknya lingkaran.
Setelah semuanya siap, yuk mulai membuat fauxdori kita!
1. Ukur art foam sesuai dengan template. (Template bisa didapatkan disini)
2. Potong sesuai garis yang telah dibuat.
3. untuk bagian corner kalian bisa menggunakan corner rounder, stencil, ataupun barang lainnya yang berbentuk lingkaran.
4. Lubangi art foam dengan menggunakan pembolong

Setelah basic covernya jadi, kita bisa mulai memasang tali elastisnya. Untuk pemasangannya, bisa dimulai dari elastis penutup (closure) maupun elastis bagian dalam yang digunakan untuk memasang buku. Disini, Nana mulai dengan memasang elastis penutupnya terlebih dahulu.
5. Masukkan tali elastis (pada gambar: ukuran 2mm) dari arah luar ke dalam.
6. Pastikan loop yang terbentuk masih cukup untuk penutup selebar 1 sisi cover
7. Charm bisa dimasukan ke tali elastis sebelum kedua ujungnya dimasukkan ke cover (step 5)
8. Ikat pada bagian dalam cover
9. Untuk elastis bagian dalam (pada gambar: ukuran 1mm), kalian bisa lihat step-by-step di foto-foto ini.


Karena step-stepnya yang lumayan sulit untuk dijelaskan lewat foto maupun tulisan, kalian bisa lihat lebih jelasnya melalui video disini.

Berikut adalah beberapa catatan mengenai project DIY kali ini:
  • Kelebihan menggunakan art foam adalah bahannya yang soft, sehingga bisa dengan mudah dilubangi menggunakan pensil, tidak perlu menggunakan leather puncher.
  • Pada tutorial ini, Nana memasang 4 elastic pada fauxdorinya. Kalian bisa menyesuaikan ini dengan kebutuhan kalian. Apabila hanya memasang 1 elastic, ukuran awal cover tidak perlu menggunakan tambahan 2 cm yang di tengah.
  • Ukuran yang digunakan pada template adalah ukuran A6. Ukuran ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Lebar margin atas, bawah, kiri, dan kanan juga bisa disesuaikan. Template tersebut hanyalah ukuran yang biasa Nana gunakan.
  • Ada beberapa alternatif bahan yang bisa digunakan untuk membuat Traveler's Notebook cover. Diantaranya adalah kulit asli maupun sintetis, kain, flanel, kertas yang dilaminating, bahkan ada yang menggunakan duct tape. Apabila kalian menggunakan flanel, bisa dilapis staplek. Cara penggunaannya tinggal disetrika saja.
Bagaimana? Sebenarnya tidak susah, kan, membuat fauxdori? Semoga tutorial kali ini berguna untuk kalian yang ingin mencoba sistem Traveler's Notebook tanpa harus mengeluarkan banyak biaya terlebih dahulu. Selain itu, bisa juga kalian gunakan sebagai storage untuk insert Traveler's Notebook kalian yang lama.

Nah, untuk kalian yang sudah mencoba membuat fauxdori ini, yuk share foto hasil karyamu dengan kami melalui Instagram dengan cara tag @PlannerAddictIndonesia dan @PaperPenPlan!

No comments:

Post a Comment