Aug 20, 2016

Tutorial: Cara Menambahkan Space Pada Planner

Halo, semuanya! Kali ini kami akan membagikan tutorial bagaimana untuk menambahkan space di planner kalian. Plannernya pun tidak terbatas jenis, bisa untuk travelers notebook, ring planner, book bound planner, dll.

Kontributor dari tutorial ini adalah Yuanita Tan (@juanitaronns) dan merupakan bagian dari sharing member yang akan dilakukan secara rutin setiap minggunya di forum PAI. Nah, tunggu apa lagi. Yuk, kita langsung mulai tutorialnya!

Untuk tutorial kali ini, kita hanya membutuhkan beberapa barang (yang mungkin sudah kalian miliki), yaitu:
  • ·         Kertas HVS, Concorde, atau kertas lainnya
  • ·         Lem
  • ·         Gunting
  • ·         Cat air, pensil warna, atau washi tape, atau marker (opsional)
  • ·         Stiker atau sticky notes lucu (opsional)

Setelah semua bahan siap, kita bisa langsung mulai ;)

1. Pertama, pilih kertas sesuai keinginanmu. Bisa kertas HVS, Concorde, atau kertas polos lainnya. (Bisa juga menggunakan kertas yang bermotif jika kamu lebih menyukainya) Kemudian potong kertas ini secara horizontal (mendatar) menjadi 2 bagian, dan lipat secara zigzag seperti di foto.


2. Setelah itu, gambarlah garis lurus, bergelombang, atau apa saja sesuai keinginanmu, dari ujung bawah ke atas.

3. Potonglah kertas sesuai dengan garis yang sudah digambar.

4. Kemudian hias bagian atas kertas dengan cat air, washi, marker, atau apa saja sesuai selera. Boleh juga dihias sampai ke bagian bawah kertas (tidak hanya bagian atas saja). Sebagai referensi ide, bisa juga kalian tambahkan motif bola-bola menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke cat air, garis-garis, atau bentuk-bentuk lain sesuka hati.



5. Setelah itu, tempelkan kertas yang sudah kita hias ke planner kita.

6. Hias dengan stiker, sticky notes, atau washi tape. Tentu bagian dalam kertas juga boleh untuk kamu hias apabila kamu ingin.


7. Setelah ditempel, kita bisa menulis di kertas tersebut sesuai keperluan. Bisa untuk to do list, shopping list, quotes, dll.



Nah, simple dan bermanfaat kan? Siapa sangka kertas polos bisa digunakan untuk menambahkan ruang di planner kita sekaligus juga mempercantiknya?

Kita juga bisa membuatnya sebagai planner pocket dengan cara mengelem bagian bawah dan samping dari kertas yang sudah dilipat. Tentunya apabila kalian ingin membuatnya sebagai pocket, kalian harus menggunakan kertas yang lebih tebal agar bisa lebih tahan lama.


Semoga tutorial kali ini bermanfaat ya! Apabila kalian sudah mencoba untuk membuatnya, yuk share foto hasil karyamu dan tag ke @planneraddictindonesia dan @juanitaronns!

No comments:

Post a Comment